6 Tempat jogging di Bali Yang Menyuguhkan Pemandangan Indah

Bali – Ada banyak cara untuk tetap sehat dan bugar selama liburan, salah satunya adalah dengan jogging di sekitar hotel. Di Bali, hampir setiap kawasan wisata yang populer memiliki lokasi-lokasi jogging yang dapat mengakomodasi tidak hanya warga setempat, tapi juga para pengunjung yang berada di sekitar kawasan wisata.

Berikut rekomendasi lokasi-lokasi jogging di Pulau Bali yang bisa dicoba untuk menjaga tubuh tetap bugar selama liburan. Jangan lupa rencanakan waktu khusus untuk berolahraga di lokasi-lokasi tersebut di pagi atau sore hari, ya!

Bukit Tjampuhan 

Bukit Tjampuhan adalah lokasi favorit berolahraga pagi atau sore di Ubud. Area perbukitan kecil ini memiliki jalur lari atau jalan santai yang nyaman dan terawat. Tidak heran, pemandangan orang berlari atau bersepeda pun sering terlihat di Bukit Tjampuhan.

Untuk menuju Bukit Tjampuhan, jalur masuk dapat dimulai dari batu bertulisan IBAH lalu jalan ke sisi kiri papan hingga terlihat Pura Gunung Lebah, lalu ikuti petunjuk jalan kecil yang bertulisan jalur ke Bukit Tjampuhan yang menunjuk ke tangga dan jalan kecil di samping tembok pura. Setelah berjalan kaki sekitar kurang lebih 5 menit, maka pemandangan Bukit Tjampuhan dan 2 pohon palemnya pun sudah terlihat.

Lapangan Niti Mandala

Terletak di area kantor-kantor pemerintahan di Renon, Denpasar, Lapangan Niti Mandala memang tidak begitu dekat tujuan wisata. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba jogging pagi atau sore di tanah seluas 13,8 hektare ini.

Lapangan Niti Mandala memiliki pemandangan utama Monumen Bajra Sandhi yang dikelilingi jalur jogging. Selain itu, lapangan yang juga berfungsi sebagai taman kota ini memiliki pohon-pohon rindang yang membuat agenda olahragamu menjadi lebih adem. Tidak heran jika selain jogging dan lari, lapangan Niti Mandala banyak dikunjungi oleh pengunjung yang ingin melakukan yoga atau kegiatan olahraga ringan lainnya.

Subak Prapat Beris

Selain Lapangan Niti Mandala, ada juga Subak Prapat Beris yang belakangan populer sebagai lokasi jogging favorit di Desa Sanur Kauh di Denpasar. Letaknya yang tersembunyi juga membuat jalur jogging ini lebih sepi dan membuat pengunjung dapat berolahraga dengan lebih leluasa.

Jalur jogging yang sudah ditata rapi dan berada di tengah-tengah hamparan sawah. Pastinya mata akan terasa lebih sejuk saat jogging di jalur ini. Tidak hanya itu, di pagi hari, suara burung-burung berkicau juga terdengar di sekitar subak.

Pantai Mertasari

Pantai Mertasari bisa menjadi pilihan utama jika kamu menginap di kawasan Sanur. Selain di area berpasir pantai, jalur jogging juga ada di lapangan yang berada di dekat parkiran mobil, atau bisa juga sisi atas batu-batu pemecah ombak di pantai.

Meski Sanur terkenal dengan pemandangan matahari terbit, letak Pantai Mertasari yang sedikit menjorok di sisi selatan membuat pengunjung dapat menikmati sunset juga di sana. Pohon-pohon cemara yang tumbuh di dekat pantai menjadi salah satu pemandangan indah yang bisa dilihat selama jogging.

Pantai Kuta hingga ke Pantai Jerman 

Pencinta lari di pantai dengan kondisi pasir yang basah bisa mencoba jalur pantai yang dimulai dari Pantai Kuta hingga ke Pantai Jerman. Jalur di sisi selatan Pulau Bali ini merupakan jalur favorit di sepanjang garis pantai di kawasan Kuta.

Selain di area pantai, jalur jogging sepanjang 2,5 kilometer yang nyaman dan kering juga bisa dilalui dari Pantai Kuta ke arah selatan menuju Pantai Segara hingga ke Pantai Jerman.

Pantai Jerman terletak tidak jauh dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Karena itu, pemandangan pesawat hilir mudik dapat terlihat jelas dari Pantai Jerman.

Pantai Peninsula Island

Jika kunjungan ke Bali merupakan bagian dari bekerja atau pertemuan besar di area Nusa Dua, ada banyak lokasi yang bisa dijadikan sebagai jalur jogging. Jalur garis pantai dari Sofitel Bali Nusa Dua menuju ke Pantai Peninsula Island, misalnya. Jika ingin jalur yang lebih pendek, pilihlah kawasan Pantai Peninsula Island. Pemandangan ombak besar yang pecah di batu karang area Waterblow menjadi daya tarik tersendiri untuk jogging di kawasan Pantai Peninsula Island.

Cobalah melakukan jogging di saat sunrise untuk mendapatkan pemandangan langit yang manis beserta pemandangan pasir berwarna putih dan hamparan air laut yang biru di sepanjang jalur ini. Selain jalur pantai, kawasan pariwisata Nusa Dua atau yang juga dikenal dengan kawasan Bali Tourism Development Corporation (BTDC) juga dilengkapi dengan jalur yang nyaman untuk jogging yang bersebelahan dengan akses kendaraan di depan sejumlah resor. Area jogging favorit dimulai dari The Westin Resort Nusa Dua Bali hingga Museum Pasifica yang kemudian bisa dilanjutkan ke Pantai Peninsula Island dan mengitari Waterblow.

About the Author: Mr. Alvharezky

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *