Mengenal Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri yang Bawa Indonesia Gabung dalam PBB

Retno Marsudi, perempuan yang memiliki nama lengkap Retno Lestari Priansari Marsudi ini kembali dipercaya untuk menjabat sebagai Menteri Luar Negeri pada Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Jokowi untuk kedua kalinya. Pada periode kepemimpinan Jokowi dan Ma’ruf Amin 2019-2024 ini, Retno kembali menempati posisi yang memang telah ditempatinya sejak 27 Oktober 2014 lalu.

Retno Marsudi memulai sepak terjangnya sebagai staf di Biro Analisa dan Evaluasi untuk ASEAN pada tahun 1986. Melalui Retno pula, Indonesia berhasil meraih prestasi global, seperti bergabung sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk periode 2019-2020.

Indonesia juga kembali terpilih sebagai anggota Dewan HAM PBB untuk periode 2020-2022. Kedua prestasi ini jelas tidak bisa dilepaskan dari kerja keras Retno Marsudi sebagai Menteri Luar Negeri untuk berhubungan dekat dengan negara-negara sahabat.

Profil Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri RI

Retno Marsudi juga sempat dinobatkan sebagai “The Best Ambassador” dalam penghargaan Certificate of Merit yang diadakan oleh majalah Diplomat Magazine pada tahun 2015 dan Ridder Grootkruis in de Orde can Oranje Nassau dari Raja Willen Alexander. Kedua penghargaan tersebut berkaitan dengan prestasi Retno Marsudi yang berhasil menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Belanda periode 2012-2014 dan Menteri Luar Negeri Indonesia.

Tidak hanya itu, selama masa jabatannya, Retno Marsudi juga berhasil memberikan perlindungan terhadap warga negara yang ada di luar negeri, dalam hal penyanderaan, bahkan yang diancam hukuman mati. Retno Marsudi membuktikan kemampuannya dalam hal lobi dan negosiasi.

Tidak heran, bukan jika kemudian Retno Marsudi kembali terpilih menjadi Menteri Luar Negeri di periode kedua kepemimpinan Jokowi ini? Selamat bekerja kembali, Retno Marsudi!

About the Author: Mr. Alvharezky

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *